Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengertian Investasi

Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk dimasukkan dalam aktiva /proses produksi yang produktif untuk meningkatkan utilitas.

n  Investasi langsung: membeli langsung aktiva keuangan dari suatu perusahaan baik melalui perantaraatau dengan cara yang lain
n  Investasi tidak langsung: membeli saham dari suatu perusahaan investasi yang mempunyai aktiva keuangan dari beberapa perusahaan.

Pembelian aset secara langsung dalam:
a.       Pasar uang (money Market)
aset yang  mempunyai risiko gagal kecil, waktunya  pendek dan tingkat pencairan yang  tinggi,  misalnya  Treasury bill (T-Bill) yang biasanya               dipakai dalam penelitian sebagai  sertifikat bebas  risiko, sertifikat  deposito
b.      Pasar Modal (capital market)
Pasar modal lebih bersifat jangka panjang.  Aset  yang diperjual belikan dalam pasar modal bisa  berupa surat berharga yang memberikan  penghasilan tetap (obligasi) dan saham.
c.       Pasar turunan
                 Surat berharga yang duperjual belikan bisa berupa  opsi atau future contract

Pembelian aset pada perusahaan investasi, yang dikalsifikasikan dalam:
a.       Unit Investment Trust
perusahaan investasi yang  menerbitkan  portofolio  dari  surat berharga yang memberikan penghasilan tetap. Surat berharga tersebut dijual  seharga nilai portofolio ditambah dengan komisi dan bisa menjualnya seharga nilai bersih aset tersebut.
b.      Close- end investment
                Perusahaan investasi yang menjual sahamnya   hanya    pada      penawaran perdana.
c.       Open-end investment (Perusahaan Reksa Dana)
                Perusahaan investasi yang menjual sahamnya setelah penjualan dalam penawara perdana dan investor dapat  menjualnya lagi ke perusahaan reksa dana yang bersangkutan.
                               
Demikian pengertian investasi semoga dapat menjadi bahan referensi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori investasi dengan judul Pengertian Investasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/pengertian-investasi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 11 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Pengertian Investasi"

Posting Komentar