Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Definisi Akuntansi Manajemen


Akuntansimanajemen di definisikan oleh Hansen dan Mowen (2003:7) adalah “The management accountant identifies, collects, measures, classifies, and reports information that is useful to internal users in planning, controlling and decision making activities”.
Berdasarkan definisi tersebut dapat dikatakan bahwa akuntansi manajemen adalah suatu kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi keuangan bagi manajemen yang digunakan  manajer untuk :
  1. Perencanaan, yaitu pernyataan lengkap suatu kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Pengendalian, yaitu aktivitas untuk mengarahkan kegiatan agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
  3. Pengambilan keputusan, yaitu proses memilih diantara beberapa alternatif.
Informasi akuntansi manajemen meliputi data historis maupun estimasi yang digunakan oleh manajemen untuk melaksanakan operasi sehari-hari, perencanaan operasi di masa datang, dan mengembangkan strategi bisnis secara menyeluruh. Akuntansi manajemen mampu membantu manajer mengenali masalah-masalah, menyelesaikan masalah-masalah tersebut dan mengevaluasi kinerja. Dengan demikian, akuntansi manajemen diharapkan mampu membantu perusahaan menghadapi perubahan lingkungan operasi sehingga perusahaan dapat terus bertahan

Demikian semoga bermanfaat..
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Definisi Akuntansi Manajemen. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/10/definisi-akuntansi-manajemen.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Jumat, 19 Oktober 2012

Belum ada komentar untuk "Definisi Akuntansi Manajemen"

Posting Komentar