Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Audit Fungsi Pembelian

Sasaran strategik fungsi pembelian merupakan ukuran atau patokan yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi fungsi pembelian pada perusahaan.
Tujuh sasaran strategik fungsi pembelian yang harus dipahami meliputi hal-hal berikut.
1.      Fungsi pembelian diselenggarakan dengan maksud menjamin kesinambungan suplai bahan mentah, bahan baku, dan bahan lain yang diperlukan sehingga proses produksi berlangsung dengan lancar dalam arti terpenuhinya jadwal dan volume produksi yang telah ditentukan dikaitkan dengan permintaan pasar atau pesanan khusus dari para pelanggan atau konsumen.
2.      Satuan kerja yang menangani pembelian untuk perusahaan harus mampu meyakinkan manajemen puncak tentang perlunya perusahaan membuat investasi dalam jumlah yang menjamin tersedianya persediaan bahan dan suku cadang pada tingkat yang aman.
3.      Peralatan dan bahan yang diperlukan harus memenuhi standar mutu dan ketepatan penggunaannya
4.      Pengadaan bahan, suku cadang dan jasa pemeliharaan sesuai dengan persyaratan proses produksi dan dengan biaya yang serendah mungkin merupa.salah salah satu sasaran stratejik yang harus tercapai.
Persyaratan proses produksi yang dimaksud adalah bahwa dalam proses produksi diperlukan bahwa pada waktu tertentu dan apabila tidak tersedia tepat pada waktunya, mungkin bahan itu tidak dapat digunakan lagi karena cepat rusak.


5.      Satuan kerja yang bertanggung jawab menyelenggarakan fungsi pembelian harus mengembangkan suatu sistem pemantauan melalui mana nilai dan biaya pengadaan bahan dan suku cadang benar­ benar seimbang dengan tetap mengupayakan pengurangan biaya pembelian yang dilakukan.
6.      Fungsi pembelian memerlukan berlangsungnya komunikasi yang efektif antara satuan kerja pembelian dengan manajemen puncak.
Dengan komunikasi yang efektif seperti itu paling sedikit 3 hal tercapai yaitu
·      Manajemen puncak dapat mengambil keputusan tetang investasi yang perlu dilakukan, apakah diperbesar atau diperkecil
·      Menetapkan kebijaksanaan baru tentang harga produk yang dihasilkan.
·      Manajemen puncak mengetahui perkembangan yang terjadi pada sektor industri di mana perusahaan bergerak.
7.    Fungsi itu diselenggarakan bukan untuk satuan kerja pembelian yang, bersangkutan sendiri melainkan untuk rnendukung dan memperlancar tugas satuan kerja operasional yang lain, seperti untuk kepentingan manufaktur serta penelitian dan pengembangan.

Demikian Sasaran Stratejik Fungsi Pembelian semoga dapat  bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori audit fungsi pembelian dengan judul Audit Fungsi Pembelian. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/audit-fungsi-pembelian.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Kamis, 12 Juli 2012

1 Komentar untuk "Audit Fungsi Pembelian"

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus