Kumpulan referensi ilmu akuntansi

STRUKTUR PASAR

        Karakteristik Pasar:
*      jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggapsedemikian kecilnya, sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar.
*      Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
*      produsen dan konsumen mempunyai informasi yang sempurna
*      output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding uotput pasar
*      perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
*      semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
        Keseimbangan Jangka Pendek
*      ada 2 syarat yang harus dipenuhi agar perusahaan berada dalam keseimbangan:
*      perusahaan sebaiknya hanya memproduksi, paling tidak bila biaya variabel (VC)adalah sama dengan penerimaan total (TR) atau biaya variabel rata-rata (AVC) sama dengan harga (P).
*      Perusahaan memproduksi pada saat MR=MC agar perusahaan memperoleh laba maksimum atau, dalam kondisi buruk, kerugiannya minimum.
        Keseimbangan Jangka Panjang
*      agar dapat bertahan dalam pasar maka dalam jangka panjang perusahaan harus memenuhi empat persyaratan:
*      perusahaan harus bekerja sebaik mungkin, agar perusahaan mencapai keadaaan yang paling optimal.
*      Secara matematis hal ini berarti perusahaan berproduksi sampai saat MR=MC. Pada saat itu biaya marginal jangka pendek sama dengan biaya marginal jangka panjang (SMC=LMC)
*      tidak mengalami kerugian, agar mengganti barang modal yang digunakan dalam produksi. Karena biaya rata-rata jangka pendekharus sama dengan harga jual (SAC=P).
*      Tidak ada insentif bagi perusahaan untuk keluar masuk
        Implikasi model persaingan sempurna
*      harga produk sama dengan marginal costnya
*      keuntungan ekonomis sama dengan nol
*      average costnya terletak pada titik minimal
*      Pasar Persaingan Monopolistik
        model ini menggunakan hampir semua asumsi persaingan sempurna tetapi juga memasukkan unsur monopoli, cirinya:
*      produk setiap penjual agak berbeda dengan yang lain.
*      Ada informasi sempurna tentang harga dan kwantitas
*      ada banyak pembeli dan penjual dari suatu produk
*      mudah untuk keluar dan masuk pasar
*      perusahaan akan memaksimumkan keuntungan dan konsumen akan memaksimumkan kepuasan
*      tidak ada biaya atau manfaat eksternal
        produk serupa tapi haarganya berbeda
*      ada dua kelompok perusahaan yang menjual produkyang sama pada tingkat harga yang berbeda-beda.
        Slope kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan negatif atau menurun dan sangat elastis.
        Marginal revenue (MR) lebih kecil dari P
*      hal ini terjadi karena kurva permintaan berslope negatif.
        Keseimbangan jangka pendek
*      keseimbangan akan terjadi jika semua perusahaan dalam kelompok produk tertentu berada dalam keadaan keseimbangan secara bersamaan.
*      Jika perusahaan tersebut berproduksi maka perusahaan tersebut harus memilih kwantitas dimana MR=MC
*      perusahaan tersebut berproduksi dalam jangka pendek jika P lebih besar dari AVC
        keseimbangan jangka panjang
*      harga lebih besar dari marginal cost
*      keuntungan sama dengan nol
*      AC lebih besar dari titik minimum pada kurva LRAC

*      Pasar Monopoli
*      Keseimbangan jangka pendek
*      menentukan tingkat output yang optimal
*      tingkat harga yang optimal
*      kendala pencapaian keuntungan
*      keseimbangan jangka penjang
*      biaya produksi yang minimum
*      keuntungan akan lebih besar atau sama dengan nol
*      harga akan lebih besar dari marginal cost
*      jika harga naik maka output akan turun
*      diskriminasi harga
*      penetapan harga yang berbeda-beda untuk para pembeli dari barang yang sama
*      penetapan tingkat harga diman perbandingan antara tingkat harga dan MC berbeda diantara para pembeli.
*      Tujuan dan manfaat diskriminasi harga adalah untuk meningkatkan penerimaan yang lebih banyak. 

        Ciri-ciri pasar oligopoli:
*      hanya ada sedikit penjual untuk sesuatu barang
*      produk-produk dapat distandarisasikan
*      ada penjual lain yang menawarkan barang pengganti
*      ada halangan bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar
*      ada pengetahuan yang sempurna tentang harga, kwantitas dan fungsi permintaan para pembeli
*      tidak ada biaya atau manfaat internal
        model duopoli
*      model Cournot
*      model Edgeworth
*      model Chamberlin
        model kurva permintaan patah
        model kartel
model perilaku yang terkoordinirmonopolis adalah penjual tunggal suatu barang yang tidak mempunyai substitut yang rapat. 
        Ciri-ciri pasar monopli:
*      hanya ada satu penjual untuk sesuatu barang
*      tidak ada penjual lain yang menawarkan barang pengganti
*      ada halangan bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar
*      ada pengetahuan yang sempurna tentang harga, kwantitas dan fungsi permintaan para pembeli
*      tidak ada biaya atau manfaat internal
        kurva permintaan pasar berslope negatif
        marginal revenue (MR) lebih kecil dari harga (P)
        faktor faktor penghalang memasuki pasar
*      hak paten dan hak monopoli
*      skala produksi yang ekonomis
*      penguasaan akan sumber daya
        Permintaan akan uang, kaum klasik mempunyai teori yang dinamakan teori kuantitas dimana masyarakat memerlukan uang tunai untuk keperluan transaksi tukar menukar mereka.
        Penawaan akan uang Ms   = ditentukan oleh kebijakan moneter
        Permintaan akan uang Md = kPQ
*      dimana k = konstanta, tidak berubah dalam jangka pendek dan ditentukan oleh faktor-faktor kelembagaan, misal:kebiasaan pembayaran gaji
*      Q = GDP dengan harga konstan, ditentukan dipasar barang dan tingkat yang normal Q pada tingkat full employment.
*      P = tingkat harga umum
        Ms = Md = kPQ

Demikian sedikit infonmasi tentang struktur pasar semoga dapat bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori struktur pasar dengan judul STRUKTUR PASAR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/struktur-pasar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 12 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "STRUKTUR PASAR"

Posting Komentar