Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pasar Forward

Forward Market atau pasar berjangka adalah suatu pasar untuk transaksi penjualan dan pembelian dengan penyerahan di kemudian hari. Dikatakan berjangka sebagai lawan pasar spot atau pasar tunai, karena transaksi yang terjadi penyerahannya berjangka waktu.
Forward contract merupakan kontrak kesepakatan antara pembeli dan penjual, antara bank dengan konsumen, atau antara bank dengan bank untuk jumlah mata uang tertentu dengan jangka waktu penyerahan tertentu dan dengan nilai tukar yang telah ditentukan dimuka.
Nilai tukar untuk transaksi berjangka atau transaksi forward disebut juga dengan forward rate.
Kunci utama dalam transaksi currency forward maupun futures adalah ketepatan dalam memprediksikan nilai tukar satu mata uang terhadap mata uang lain di masa mendatang. Meskipun sulit memprediksi nilai tukar mata uang dimasa mendatang tetapi ada dua informasi penting yang dapat digunakan yaitu inflasi dan tingkat bunga. Inflasi mengakibatkan penurunan daya beli uang, sementara nilai tukar mencerminkan daya beli uang tertentu terhadap mata uang lainnya. 
Jadi jika inflasi disatu negara lebih tinggi dari negara lain maka daya beli mata uang negara yang inflasinya lebih tinggi akan menurun terhadap mata uang yang inflasinya lebih rendah.
Selain itu perbedaan tingkat bunga antar dua mata uang dalam kondisi normal dan keseimbangan akan mencerminkan perbedaan tingkat inflasi antar kedua negara tersebut
Demikian sedikit informasi tentang Pasar Forward semoga dapat bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pasar forward dengan judul Pasar Forward. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/pasar-forward.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Rabu, 11 Juli 2012

2 komentar untuk "Pasar Forward"