Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Neraca Pembayaran

Neraca Pembayaran (balance of pyament)
adalah sebuah laporan akuntansi yang merangkum seluruh transaksi yang dilakukan oleh residen domestik dan asing selama periode waktu tertentu.
Pencatatan dilakukan dengan menggunakan prinsip pembukuan berpasangan (double-entry bookkeping). Artinya, setiap transaksi dicatat baik pada sisi debet dan kredit sehingga jumlah seluruh sisi debet dari neraca pembayaran suatu akan sama persis dengan sisi kreditnya. Akan tetapi, utk setiap bagian dari laporan neraca pembayaran, mungkin terdapat surplus atau defisit.
“Setiap transaksi yang meningkatkan permintaan terhadap mata uang domestik, dicatat sebagai kredit dalam neraca pembayaran negara tersebut dan diberi tanda positif (+), sebaliknya setiap transaksi yang meningkatkan penawaran terhadap mata uang domestik, dicatat sebagai debet dan diberi tanda negatif (-).
Sebuah laporan neraca pembayaran dapat dirinci menjadi beberapa komponen. Komponen neraca pembayaran yang banyak mendapat perhatian adalah rekening berjalan (current account) dan rekening modal (capital account).
Bagian utama neraca pembayaran, yaitu :
a.          Rekening transaksi berjalan (current account)
Rekening ini terdiri atas tiga bagian:
1.       Neraca Perdagangan (balance of trade), yang mencatat selisih ekspor & impor barang yg diperdagangkan dalam perdagangan internasional;
2.       Neraca Jasa (Services balance), yang mencatat  transaksi ekspor & impor jasa, termasuk pembayaran bunga dan dividen, pengeluaran militer dan turis;
3.       Neraca Transfer Unilateral (Unilateral transfer balance), yang mencatat  hibah baik dari perseorangan maupun pemerintah (misalnya bantuan luar negeri dan bantuan militer).                

b.         Rekening modal (capital account)
Rekening ini mencerminkan perubahan kepemilikan jangka panjang dari suatu negara    (baik berupa investasi asing langsung maupun pembelian surat-surat berharga dengan jatuh tempo lebih dari satu tahun), dan kekayaan  jangka pendek (surat-surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun).

Demikian Pengertian Neraca Pembayaran semoga bermanfaat untuk semuanya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori neraca pembayaran dengan judul Neraca Pembayaran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/neraca-pembayaran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Rabu, 11 Juli 2012

1 Komentar untuk "Neraca Pembayaran"

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus