Kumpulan referensi ilmu akuntansi

PROSES PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA

Kliring adalah proses penentuan hak dan kewajiban yang timbul dari Transaksi Bursa

Netting adalah kegiatan Kliring yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi setiap Anggota Kliring untuk menyerahkan atau mimenerima saldo efek tertentu untuk setiap jenis efek yang ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar untuk seluruh efek yang ditransaksikan.
Multilateral Netting:
Kegiatan netting atas seluruh Transaksi Bursa yang dilakukan oleh Anggota Kliring di BEJ dan BES pada pasar reguler dan pasar tunai yang jatuh tempo penyelesaiannya pada hari yang sama.
Netting Balance :
                Pencatatan hak dan kewajiban untuk menyerahkan dan atau menerima saldo efek serta menerima atau membayar sejumlah uang atas seluruh Efek yang ditransaksikan untuk setiap Anggota Kliring pada tanggal setlement tertentu yang menjadi dasar penerbitan DHK.
Anggota Kliring Jual:
Serah efek à Posisi Debet pada netting balance
Terima uang à Posisi Kredit pada netting balance
Anggota Kliring Beli :
Serah Uang à Posisi Debet pada netting balance
Terima Efek à Posisi Kredit pada netting balance

                Pengecekan posisi efek dan uang pada rekening efek terhadap posisi kewajiban dan hak Anggota Kliring dengan hasil netting
  • Pengecekan kecukupan efek dan/atau uang pada rekening efek serah/Rek.Agunan AK sesuai kewajiban berdasarkan hasil netting
  • Pengecekan kecukupan efek dan/atau uang pada rek.efek KPEI sesuai dengan hak Anggota Kliring berdasarkan hasil netting.

Penjaminan Penyelesaian Transaksi Bursa adalah kewajiban KPEI untuk seketika dan langsung mengambilalih tanggung jawab AK yang gagal memenuhi kewajibannya berkaitan dengan penyelesaian Transaksi Bursa dan untuk menyelesaikan transaksi tersebut pada waktu dan cara yang sama sebagaimana diwajibkan kepada AK ybs.
                Dana Jaminan adalah kumpulan dana dan atau Efek yang diadministrasikan dan dikelola oleh KPEI yang dapat digunakan untuk membiayai penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa

Demikian tentang  PROSES  PENYELESAIAN  TRANSAKSI BURSA semoga bermanfaat.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Portofolio dengan judul PROSES PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/proses-penyelesaian-transaksi-bursa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Rabu, 25 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "PROSES PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA"

Posting Komentar