Kumpulan referensi ilmu akuntansi

TEORI AKUNTANSI

Pengertian teori akuntansi sangat bergantung pada kesepakatan tentang pengertian akuntansi sebagai suatu disiplin pengetahuan.  
Hendriksen (1982):
Teori adalah …seperangkat prinsip-prinsip yang saling terkait (coherent), yang bersifat hipotetis, konseptual dan pragmatis, yang membentuk rerangka referensi umum untuk bidang pengetahuan tertentu (a field of inquiry)
           
Teori akuntansi adalah …penalaran logis dalam bentuk seperangkat prinsip-prinsip yang luas (a set of broad principles) yang (1) memberikan rerangka referensi umum untuk mengevaluasi praktik akuntansi dan (2) memberikan pedoman dalam mengembangkan praktik dan prosedur akuntansi yang baru.

 ªªª Teori Akuntansi tidak lepas dari praktik akuntansi. Perumusan teori akuntansi timbul karena adanya kebutuhan untuk memberikan penalaran logis tentang apa yang dilakukan oleh akuntan dan apa yang akan dilakukan oleh akuntan (menjelaskan praktik akuntansi berjalan dan memberikan dasar bagi pengembangan praktik tersebut)ªªª

Akuntansi dipandang sebagai ilmu akan bertujuan untuk mendapatkan kebenaran atau validitas penjelasan tentang fenomena akuntansi dengan menerapkan metode ilmiah. Teori akuntansi berkepentingan untuk menghasilkan pernyataan-pernyataan umum (yang bermula dari hipotesis) sebagai penjelasan praktik akuntansi. Bidang kajian yang menjadi pusat perhatian adalah masalah fakta sehingga teori akuntansi harus bebas dari pertimbangan nilai
Akuntansi dipandang sebagai teknologi, Akuntansi merupakan teknologi perangkat lunak yang harus dipelajari dan dikembangkan untuk mencapai tujuan social tertentu. Dengan demikian Akuntansi merupakan suatu pengetahuan tentang perekayasaan informasi untuk pengendalian keuangan Negara. Hasil akhir Akuntansi adalah prinsip, metode, atau teknik yang bermanfaat untuk mencapai tujuan Akuntansi.

Teori Akuntansi akan merupakan suatu penalaran logis untuk mengevaluasi dan mengembangkan praktik akuntansi. Hasil penalaran logis adalah suatu kerangka konseptual yang menjadi semacam konstitusi Akuntansi. Adanya tujuan social yang harus dicapai oleh Akuntansi menjadikan teori Akuntansi banyak membahas pertimbangan nilai (Value Judgement).

·         Teori Akuntansi sebagai ilmu bersifat positif, pragmatic, dan induktif
·         Teori Akuntansi sebagai teknologi (penalaran logis) bersifat normative, sintaktik, semantic, dan deduktif

Chambers (1965)
Akuntansi telah digambarkan sebagai a body of practice yang dikembangkan sebagai tanggapan kebutuhan praktik bukannya dikembangkan dari pemikiran yang sistematik dan terencana.
Goldberg (1949)
Tidak ada teori akuntansi yang dihasilkan dari periode Pacioli sampai awal abad sembilan belas. Berbagai usulan tentang teori muncul di sana sini, tetapi tidak satupun yang menempatkan akuntansi pada cara-cara sistematis.
Belkaoui (1993)
…harus diakui bahwa sampai saat ini tidak ada teori akuntansi yang bersifat komprehensif.
Komite AAA (1977)
Tidak ada teori akuntansi tunggal yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan pemakai,…yang ada dalam literature akuntansi keuangan bukanlah teori akuntansi, tetapi koleksi teori yang digambarkan sesuai dengan perbedaan pemakainya.

Demikian adalah pengertian teori akuntansi semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teori Akuntansi dengan judul TEORI AKUNTANSI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/teori-akuntansi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Rabu, 25 Juli 2012

1 Komentar untuk "TEORI AKUNTANSI"