Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Tugas Teori Akuntansi


SOAL HALAMAN 395

2.    Selain sebagai kenaikan aset, mengapa pendapatan juga didefinisi sebagai penurunan kewajiban?

Jawab : Pendapatan tidak hanya didefinisi dari sudut kenaikan asset tetapi juga dari penurunan atau pelunasan kewajiban. Hal ini terjadi bila suatu entitas telah mengalami kenaikan asset sebelumnya misalnya menerima pembayaran di muka dari pelanggan. Penerimaan ini bukan merupakan pendapatan karena perusahaan belum melakukan prestasi yang menimbulkan hak penuh atas asset yang diterima. Oleh karena itu penerimaan tesebut diperlakukan sebagai pendapatan takterhak atau pendapatan tangguhan yang statusnya adalah kewajiban sampai ada prestasi dari perusahaan.

17.  Soal apakah pengertian kegiatan kritis(critical event) dalam pengakuan pendapatan?

Jawab : Kegiatan kritis dalam pengakuan pendapatan adalah kegiatan yang harus terpenuhi dalam mengakui sebagai pendapatan, kegiatan tersebut yaitu:
a)    Terrealisasi atau cukup pasti terrealisasi
Pendapatan (dan untung) baru dapat diakui setelah pendatan tersebut terrealisasi atau cukup pasti terrealisasi.
b)     Terbentuk / terhak. 
Pendapatan baru dapat diakui setelah terbentuk. Pendapatan dikatakan terbentuk bila perusahan telah melakukan secara substansial kegiatan yang harus dilakukan untuk dapat menghaki manfaat atau nilai yg melekat pada pendapatan.

SOAL HALAMAN 452

2.    Apakah pengertian pemanfaatan atau penggunaan (using up) asset dalam pengertian biaya? Apakah penggunaan manfaat asset dengan sendirinya akan menjadi biaya?

Jawab : untuk dapat mengatakan bahwa biaya timbul, harus terjadi transaksi atau kejadian yang menurunkan asset atau menimbulkan aliran keluar asset atau sumber ekonomik. Asset dalam hal ini harus diartikan sebagai semua asset perusahaan sebagai satu kesatuan (bukan hanya asset tertentu misalnya sediaan bahan baku). Dengan demikian, konsumsi atau pemakaian asset atau manfaat ekonomik harus diartikan bahwa manfaat ekonomik asset (direpresentasi oleh kos) telah habis karena melekat pada barang atau jasa yng telah diserahkan (keluar) dari kesatuan usaha sehingga kesatuan usaha tidak menguasai lagi manfaat tersebut. Pemakaian bahan baku untuk pembuatan produk tidak dapat disebut sebagai biaya kalau produk tersebut sebenarnya belum terjual (keluar dari kesatuan usaha) karena kalau produk belum terjual sebanarnya belum terjadi penurunan asset. Yang terjadi hanyalah perubahan bentuk asset sebagai potensi jasa.
11.  Dapatkah kos disebut dengan biaya atau sebaliknya?

Jawab :

Defines Kam mengisyaratkan bahwa pemanfaatan barang dan jasa merupakan upaya kesatuan usaha dalam rangka menghasilkan pendapatan. Upaya tersebut diukur dengan kos barang dan jasa untuk menciptakan pendapatan. Perubahan nilai ini mengukur pengorbanan yang harus dilakukan perusahaan untuk menguasai dan memanfaatkan potensi barang dan jasa. Oleh karena itu, kalu tidak ada kos maka tidak ada biaya. Ini berarti kos yang digunakan untuk mengukur biaya adalah kos yang sesungguhnya terjadi bukan kos hipotetis. Beberapa sumber mendefinisikan biaya dalam kaitannya dengan pengertian kos karena memang biaya tidak dapat dipisahkan dengan kos. Kos adalah pengukuran biaya atau biaya direpresentasikan dengan kos sehingga secara teknis dan praktis biaya sering disebut kos saja. Memang biaya selalu dapat di sebut kos karena kos melekat di dalamnya. Akan tetapi, kos tidak selalu dapat disebut biaya karena kos dapat juga merepresentasikan asset.

SOAL HALAMAN 511

12.  Apakah yang dimaksud dengan konsep pemertahanan capital dan apa keunggulannya sebagai landasan pendefinisian laba dibanding dengan konsep penandingan?

Jawab : konsep ini dilandasi oleh gagasan bahwa entitas berhak mendapatkan kembalian/imbalan atau return dan menikmatinya setelah capital dipertahankan keutuhannya atau pulih seperti sedia kala. Harapan umum dalam kegiatan bisnis adalah capital atau investasi yang tertanam selalu berkembang. Konsep ini mempunyai arti penting atau konsekuensi dalam beberapa hal yang saling berkaitan sebagai berikut :

a)    Membedakan antara kembalian atas investasi dan pengembalian investasi.
b)    Memisahkan dan membedakan transaksi operasi dalam arti luas dengan transaksi pendanaan dari pemilik.
c)    Menjamin agar laba yang dapat didistribusikan tidak mengandung pengembalian investasi. Artinya, kalau laba suatu periode harus dikonsumsi/didistribusi seluruhnya, jumlah tersebut harus benar-benar merefleksi jumlah yang memenuhi definisi laba sehingga entitas mempunyai kemampuan ekonomik yang sama dengan kemampuan mula-mula.
d)    Memungkinkan penentuan jumlah penyesuaian capital untuk mempertahankan kemampuan ekonomik awal periode akibat perubahan harga dan daya beli sehingga laba ekonomik akan terukur pula.
e)    Memungkinkan penggunaan berbagai dasar penilaian untuk menentukan tingkat capital pada saat tertentu.
f)     Memungkinkan penerapan pendekatan asset-kewajiban secara penuh dalam pemaknaan laba sehingaa angka laba akuntansi akan mendekati angka laba ekonomik.
Dengan demikian “laba adalah tambahan kemampuan ekonomik yang ditandai dengan kenaikan capital dalam suatu periode yang berasal dari kegiatan produktif dalam arti luas yang dapat dikonsumsi atau ditarik oleh entitas penguasa/pemilik capital tanpa mengurangi kemampuan ekonomik capital mula-mula”
Dengan konsep pemertahanan capital, laba merupakan konsekuensi dari pengukuran capital pada dua titik waktu yang berbeda. Dengan konsep ini elemen statemen keuangan diukur atas dasar pendekatan asset –kewajiban. Jadi, dapat dikatakan bahwa laba adalah perubahan atau kenaikan capital dalam suatu periode.

SOAL HALAMAN 573

2.    Secara konseptual, apakah perbedaan antara kewajiban dan ekuitas ?

Jawab : Kewajiban adalah pengorbanan sumber ekonomi masa datang
Ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban

3.    Sebutkan komponen-komponen ekuitas pemegang saham dan tunjukkan hubungan antara komponen-komponen tersebut.

Jawab :
·         Komponen-komponen ekuitas pemegang saham adalah :
Dari segi riwayat terjadinya dan sumbernya, ekuitas pemegang saham diklasifikasikan atas dasar dua komponen penting yaitu modal setoran dan laba ditahan. Modal setoran dipecah menjadi modal saham (capital stock) sebagai modal yuridis (legal capital) dan modal setoran tambahan (additional paid-in capital), dan komponen lain yang merefleksi transaksi pemilik (misalnya saham treasuri atau modal sumbangan)

demikian tugas teori akuntansi semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori TA dengan judul Tugas Teori Akuntansi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/tugas-teori-akuntansi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 25 Juli 2012

4 komentar untuk "Tugas Teori Akuntansi"

  1. Halo,
    nama saya ialah Siti Aminah dari Indonesia, saya cadangkan semua orang di sini harus berhati-hati, kerana terdapat banyak peminjam pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang sebenar dalam syarikat pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 peminjam pinjaman yang berbeza, saya kehilangan banyak wang kerana saya sedang mencari pinjaman dari syarikat mereka. Saya hampir mati dalam proses kerana saya telah ditangkap oleh orang kerana berada dalam hutang.

    Saya hampir berputus asa sehingga saya meminta nasihat seorang kawan yang memperkenalkan saya kepada peminjam pinjaman asal dan syarikat yang sangat dipercayai iaitu Ibu Alicia Radu yang mendapat pinjaman saya 800 juta rupiah Indonesia dalam Kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan kadar faedah yang rendah sebanyak 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa akaun bank saya dan mendapati jumlah pinjaman yang saya minta telah dipindahkan ke akaun bank saya tanpa sebarang kelewatan atau kekecewaan jadi saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik agar orang dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Alicia Radu

    Saya mahu anda mempercayai Ibu Alicia Radu dengan sepenuh hati kerana dia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan kewangan saya. Anda harus menganggap diri anda sangat bertuah kerana mempunyai peluang untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika anda memerlukan maklumat mengenai bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari Ibu Alicia Radu, anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya dengan senang hati akan menjawab anda kerana anda juga boleh membantu yang lain selepas anda menerima pinjaman anda.

    BalasHapus
  2. Nama: __ Hendi Zikri Didi
    Kota: _______________ Malacca
    pekerjaan: _ Pemilik bisnis
    Setiap pemberitahuan: ____ hendidi01@gmail.com

    Halo semua, harap berhati-hati tentang mendapatkan pinjaman di sini, saya telah bertemu banyak pemberi pinjaman palsu di internet, saya tipuan saya hampir menyerah, sampai saya bertemu seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya pada PERUSAHAAN PINJAMAN AASIMAHA ADILA AASIMAHA ADILA yang sah, saya melamar Rm1, 3 juta. Saya memiliki pinjaman dalam waktu kurang dari 2 jam hanya dalam 1% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari menjadi miskin dengan hutang. jadi saya menyarankan semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi AASIMAHA dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda.

    Aplikasi / Pusat Kontak
    E-mail: ._________ aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ____________________ + 447723553516

    BalasHapus
  3. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663
    Telephone..Number:[+60]1123759663
    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  4. Do you need a Loan?
    Are you looking for Finance?
    Are you looking for a Loan to enlarge your business?
    I think you have come to the right place.
    We offer Loans at low interest rate.
    Interested people should please contact us on
    For immediate response to your application, Kindly
    reply to this emails below only.
    Whats app +918256953815
    mrwilliam751@gmail.com
    Please, do provide us with the Following information if interested.

    1) Full Name:………
    2) Gender:………
    3) Loan Amount Needed:………
    4) Loan Duration:………
    5) Country:………
    6) Home Address:………
    7) Mobile Number:………
    8)Monthly Income:…………………
    9)Occupation:………………………
    )Which site did you here about us…………………

    Thanks and Best Regards.
    mrwilliam751@gmail.com
    +918256953815

    BalasHapus