Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengaruh Biaya Ekuitas (Cost of Equity) terhadap Disclosure


Biaya ekuitas mencerminkan besar ekuitas yang dimiliki perusahaan. Semakin besar biaya ekuitas yang ditanggung perusahaan maka semakin tinggi pula ekuitas yang dimiliki oleh perusahaan. Pada kondisi seperti ini biasanya perusahaan tidak akan menutup-nutupi keadaan yang sebenarnya, perusahaan cenderung mengungkap laporan keuangannya tanpa ragu-ragu. Akan tetapi jika biaya ekuitas kecil perusahaan cenderung menutupi laporan keuangannya. Tetapi di lain pihak, investor ingin mengetahui kondisi perusahaan pada saat itu sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasinya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah biaya ekuitas yang ditanggung perusahaan maka perusahaan dituntut untuk mengungkapkan laporan keuangannya secara lebih luas.
Penelitian kualitas disclosure berkaitan dengan Cost of Equity telah banyak dilakukan salah satunya adalah penelitian Komalasari dan Baridwan (2002) yang menunjukkan bahwa penurunan Cost of Equity bagi perusahaan yang timbul dari menurunnya asimetri informasi di antara pelaku pasar (investor) dapat mendorong mereka untuk membuat kebijakan pengungkapan informasi akuntansi yang lebih baik. Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan hipotesa sebagai berikut :
H2 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara Cost of Equity terhadap pengungkapan laporan keuangan perusahaan.
demikian dan semoga bermanfaat..
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pengaruh Biaya Ekuitas (Cost of Equity) terhadap Disclosure. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/10/pengaruh-biaya-ekuitas-cost-of-equity.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Jumat, 19 Oktober 2012

Belum ada komentar untuk "Pengaruh Biaya Ekuitas (Cost of Equity) terhadap Disclosure"

Posting Komentar