Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengaruh Prosentase Kepemilikan Manajerial terhadap Disclosure


Prosentase kepemilikan manajerial yaitu prosentase saham yang dimiliki oleh manajemen dalam hal ini dewan komisaris dan direksi yang secara aktif ikut dalam pengambilan keputusan. Dalam kaitannya dengan kepemilikan manajerial, pengungkapan perusahaan biasanya dilakukan untuk mengendalikan konflik kepentingan antara pemegang saham, kreditur dan manajemen. Maka dapat disimpulkan bahwa pengungkapan erat kaitannya dengan hubungan keagenan antara manajemen dan pemilik serta antara pemilik (melalui manajemen) dengan kreditur. Dengan pengungkapan yang lebih luas, manajemen berusaha menurunkan potensi konflik yang akan menaikkan biaya pengawasan.
Hal ini mengindikasikan bahwa manajemen sangat berperan penting dalam setiap keputusan-keputusan yang akan diambil demi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Manajemenlah yang menentukan kebijakan-kebijakan perusahaan agar tujuan perusahaan tercapai. Hasil kerja manajemen ini akan dipertanggungjawabkan dan pertanggungjawaban ini dapat diungkapkan dalam laporan keuangan perusahaan. Sehingga diperkirakan jumlah kepemilikan saham manajerial akan dapat memepengaruhi pengungkapan laporan keuangan perusahaan.
Penelitian terdahulu dilakukan oleh Khomsiyah (2003) menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan secara signifikan dengan pengungkapan adalah prosentase kepemilikan manajreial. Akan tetapi penelitian ini tidak dapat membuktikan perusahaan yang mempunyai prosentase kepemilikan manajerial besar atau kecil yang akan mempengaruhi manajer perusahaan dalam melakukan pengungkapan informasi suatu perusahaan.

Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut :
H3 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara prosentase kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan laporan keuangan perusahaan.

demikian dan seemoga bermanfaat..
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pengaruh Prosentase Kepemilikan Manajerial terhadap Disclosure. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/10/pengaruh-prosentase-kepemilikan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Jumat, 19 Oktober 2012

1 Komentar untuk "Pengaruh Prosentase Kepemilikan Manajerial terhadap Disclosure"

  1. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
    as a first time visitor to your blog I am very impressed.
    Economics :)

    BalasHapus