Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Translasi Keuangan Anak Perusahaan ke Perusahaan Induknya di Home Currency

1.        Current / Noncurrent Method
Model ini merupakan metode yang paling lazim dipakai dalam translasi laporan keuangan. Dengan metode ini semua aset lancar dan utang lancar perusahaan yang beroperasi di luar negeri ditranslasikan ke dalam home currency pada nilai tukar sekarang (current exchange rate). Sedang aset atau utang tidak lancar ditranslasikan menurut historical exchange rate, yaitu nilai tukar saat aset tersebut diperoleh atau utang tersebut terjadi.
2.        Monetary / Nonmonetary Method
Pada metode ini aset dan utang dibedakan menjadi monetary dan nonmonetary. Aset dan utang yang monetary adalah merupakan klaim yang akan diterima, kewajiban yang harus dibayar, dengan nilai tertentu, missal; kas, utang jangka panjang dan account payable dan receivable. Monetary asset & liquidity (mis; persediaan, aset tetap, investasi jangka panjang) ditranslasikan dengan menggunakan historical rate.
3.        Temporal Method
Metode ini merupakan modifikasi dari monetary/nonmonetary method. Perbedaannya adalah jika pada metode monetary/nonmonetary method persediaan selalu ditranslasikan dengan historical rate, maka dengan metode ini persediaan dapat ditranslasikan baik dengan historical rate maupun current rate. Ditranslasikan dengan current rate jika dalam neraca persediaan dihitung dalam nilai pasarnya. 
4.        Current Rate Method
Metode ini merupakan metode yang paling sederhana, karena semua item dalam neraca dan laporan rugi laba ditranslasikan menggunakan current rate. Metode ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan Inggris.


            Eksposur transaksi merupakan bagian dari eksposur akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan. Eksposur transaksi terjadi dari kemungkinan tidak dibayarnya transaksi yang menggunakan dua mata uang berbeda. Misal, IBM menjual komputer ke Royal Dutch Shell dan akan dibayar dalam pound. Eksposur transaksi terealisasi ketika Royal Dutch Shell tidak membayar pembelian computer tersebut.


Demikianlah sedikit informasi tentang  translasi keuangan dari anak perusahaan ke perusahaan induknya di home currency semoga dapat bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori translasi keuangan dengan judul Translasi Keuangan Anak Perusahaan ke Perusahaan Induknya di Home Currency. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/metode-translasi-keuangan-dari-anak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Rabu, 11 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Translasi Keuangan Anak Perusahaan ke Perusahaan Induknya di Home Currency"

Posting Komentar