Suatu pasar yang ditandai oleh tidak adanya sama sekali persaingan yang bersifat pribadi diantara perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya
Persaingan melalui:
} Iklan ( menyebutkan produknya superior)
} Packaging
} Pelayanan / Service
Ada 5 macam cirinya:
} Terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli (tidak dapat mempengaruhi harga)
} Barang yang diperjual belikan bersifat homogen (Bisa menggantikan/substitusi)
Kesimpulan 1 dan 2
Masing-masing produsen di pasar persaingan sempurna berstatus “Price Taker” (pengambil harga)
} Masing-masing produsen bebas keluar/masuk ke pasar (hambatannya adalah peraturan pemerintah. Seperti: tariff, subsidi, hak paten, dll)
} Mobilitas faktor produksi secara sempurna (Tenaga kerja dapat berpindah-pindah pekerjaan sesuai dengan keputusan ekonominya)
} Pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap ttg pasar (harga, jumlah barang, kualitas, dll)
} Tidak ada ketidakpastian….
Tingkat keseimbangan jangka pendek
Ada 2 ruang lingkup:
} 1. Perusahaan (firm)
} 2. Pasar (Industri)
Dalam jangka pendek:
· Output yang dihasilkan produsen dapat ditambah atau dikurangi dengan jalan menambah atau mengurangi variabel yang digunakan
· Perusahaan akan menyesuaikan sampai tingkat Output yang menghasilkan keuntungan MAKSIMUM dan kerugian MINIMUM Maka ia berada di titik keseimbangan jangka pendek (Point of Short run Equilibrium)
Demikianlah Pengertian Pasar Persaingan Sempurna semoga dapat bermafaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori pasar persaingan sempurna
dengan judul Pasar Persaingan Sempurna. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/pasar-persaingan-sempurna.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Kamis, 12 Juli 2012
Belum ada komentar untuk "Pasar Persaingan Sempurna"
Posting Komentar