Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Permintaan Dan Penawaran

*      perekonomian pasar mempercayakan pada kekuatan pasar untuk mengalokasikan sumber daya.
*      Pasar terdiri dari kumpulan pembeli(konsumen) dan penjual(produsen) yang berinteraksi dalam menentukan harga dan kwantitas yang dipertukarkan.
*      Permintaan
        Fungsi permintaan menunjukan hubungan antara kwantitas suatu barang yang diminta dengan semua faktor yang mempengaruhi seperti:
*      harga
*      pendapatan
*      harga barang lain
*      selera, dsb.
        permintaan adalah suatu daftar atau kurva yang menggambarkan hubungan antara berbagai kwantitas suatu barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga barabng tersebut, ceteris paribus.
        Hubungan yang berbanding terbalik(negatif)antara harga suatu barang dan kwantitas barang yang diminta akan barang tersebut disebut        “ hukum permintaan”.
*      Penawaran
        Fungsi penawaran menunjukkan hubungan antara kwantitas yang ditawaarkan dengan semua faktor yang mempengaruhinya seperti:
*      harga
*      harga input
*      teknologi
*      harga barang lain, dsb.
        Penawaran adalah suatu daftar atau kurva yang menunjukkan hubungan antara kwantitas suatu barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga barang tersebut, ceteris paribus.
        Harga dan kwantitas barang yang ditawarkan berhubungan positif
        perubahan salah satu atau lebih dari variabel yang kita anggap konstan (ceteris paribus) akan menggeser kurva permintaan/penawaarn.
*      Kurva permintaan /penawaran menggambarkan hubungan antara harga dan kwantitas pada suatu waktu tertentu.
*      Perubahan permintaan/penawaran terjadi jika ada perubahan salah satu atau lebih dari variabel-variabel yang menggeser kurva permintaan/penawaaran. Suatu perubahan harga akan mengubah pula kwantitas yang diminta/ditawarkan pada suatu kurva permintaan/penawaran.
*      Pergeseran secara bersama-sama(simultan) pengaruhnya terhadap tingkat harga dan kwantitas keseimbangan tergantung pada jarak dan arah pergeseran.
*      Penyebab harga dan kwantitas dipasar berubah adalah:
*      pergeseran kurva permintaan dan kurva penawaran
*      penetapan harga tertinggi dan harga dasar
*      atau pengenakan pajak tak langsung

Demikianlah Fungsi Permintaan dan Penawaran semoga dapat bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori permintaan dan penawaran dengan judul Permintaan Dan Penawaran. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/permintaan-dan-penawaran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Kamis, 12 Juli 2012

1 Komentar untuk "Permintaan Dan Penawaran"

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus