Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pelaporan Dan Tindak Lanjut

a.       Telaah akhir kertas kerja
b.       Penyusunan draft laporan
c.       Diskusi dengan manajemen
d.      Revisi draft
e.      Penyusunan final report
f.        Tindak lanjut

MANFAAT PELAPORAN INTERIM AUDIT
  1. Auditor dapat menguji kelayakan temuannya.
  2. Kekurangan unit organisasi dapat segera diatasi
  3. Meningkatkan kepercayaan auditi kepada auditor

LAPORAN INTERIM HARUS RINGKAS
a.       Perkembangan Audit
b.      Pernyataan tentang fakta temuan
c.       Pernyataan dampak temuan
d.      Kesimpulan dan rekomendasi  temuan

Manfaat Laporan Audit Bagi Manajemen Puncak
1.       Memantau efisiensi,efektivitas, dan kehematanunit  organisasi dibawahnya
2.       Menilai kecocokan sistem perencanaan dan pengen dalian manajemen
(Laporan tidak boleh membawa  kesan seakan akan pemeriksa  adalah lawannya )

Tahap Telaah Akhir Kertas Kerja
  1. Dilaksanakan oleh supervisor
  2. Telaah bermanfaat untuk pengen dalian kwalitas
  3. Telaah akhir diperlukan sebagai dasar penyusunan draft laporan

Penelaah harus mengevaluasi apakah kertas kerja:
  1. Diorganisir secara logis, ber indek dan berindek silang.
  2. Menggambarkan kecermatan, keahlian dan penerapan supervisi.
  3. Memuat secara jelas dan ringkas bukti bukti penting yang mendukung temuan dan rekomendasi.
  4. Sebagai dasar apabila ada pertanyaan tentang rekomendasi/temuan audit oleh manajemen.
  5. Sebagai pedoman bagi audit berikutnya.

Check list dapat digunakan untuk pedoman penelaahan agar semua aspek yang penting sudah dipertimbangkan dalam te4laah kertas kerja.

PENYUSUNAN DRAFT LAPORAN
LAPORAN HARUS BERMUTU :
  1. Akurat
  2. Ringkas dan jelas
  3. Disusun dengan baik
  4. Faktual bernada positip
  5. Kesimpulan dan rekomendasi  didukung secara logis

  1. Ringkasan untuk eksekutif
  2. Latar belakang
          Tujuan,wewenang,tanggung jawab unit.
          AD,ART kebijakan untuk mencapai tujuan
          Kegiatan unit yang diperiksa
          Alasan audit manajemen
          Deskripsi unit yang diperiksa:
          Jumlah anggaran
          investasi dalam unit produktif
          Jumlah karyawan
          Sifat kegiatan yang peka
  1. Lingkup Pemeriksaan
  2. Pendapat atau evaluasi menyeluruh
  3. Temuan, kesimpulan dan rekomendasi.
Temuan negatip harus meliputi penjelasan:
  1. Pernyataan kondisi yang diperiksa
  2. Kriteria pengukuran prestasi
  3. Akibat temuan terhadap kegiatan
  4. Penyebab terjadinya kondiasi tersebut

DISKUSI DENGAN MANAJEMEN
  1. Untuk menyediakan pengendalian kwalitas  audit yang ketat
  2. Memberikan kesempatan kepada  pemeriksa menjual gagasannya
  3. Menampung komentar manajemen

TANGGAPAN MANAJEMEN DAN TINDAK LANJUT
Siklus audit manajemen belum berakhir sebelum semua tindakan koreksi dilaksanakan

Demikian adalah Tahap Penyusunan Laporan semoga dapat bermanfaat.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori tahapan penyusunan laporan dengan judul Pelaporan Dan Tindak Lanjut. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/pelaporan-dan-tindak-lanjut.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Kamis, 12 Juli 2012

1 Komentar untuk "Pelaporan Dan Tindak Lanjut"

  1. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
    Economics :)

    BalasHapus