Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengaruh Laba dan Perubahan Laba terhadap Disclosure


Laba adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak bersal dari kontribusi penanam modal (Ghozali, 2003). Laba seringkali diklaim sebagai indikator dari kemampuan perusahaan untuk membayar deviden. Apabila manajemen memutuskan untuk mendasarkan deviden secara kaku pada bagian yang tetap dari laba bersih, maka laba bersih yang diproyeksikan merupakan satu-satunya yang diperlukan investor untuk mengestimasikan deviden di masa depan. Oleh karena itu informasi tentang laba yang diperoleh perusahaan sangat penting untuk diungkapkan dalam laporan keuangan perusahaan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan bagi investor.
Sedangkan prosentase perubahan laba merupakan laba per lembar saham pada tahun tertentu dan laba per tahun sebelumnya dibagi dengan harga saham. Prosentase perubahan laba merupakan ukuran tingkat profitabilitas suatu perusahaan. Prosentase perubahan laba ini merupakan bahan pertimbangan pengambilan keputusan bagi investor dalam menentukan investasinya. Prosentase perubahan laba ini sangat perlu untuk diungkapkan di dalam laporan keuangan perusahaan guna membantu pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut.
Terdapat beberapa penelitian terdahulu yang menguji keterkaitan antara laba dengan pengungkapan laporan keuangan perusahaan diantaranya, penelitian Fitriani (2001) dalam Simanjuntak (2003) menunjukkan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan dalam laporan keuangan perusahaan yang salah satunya adalah net profit margin. Penelitian lain dilakukan oleh Simanjuntak (2003) menyatakan bahwa variabel profitabilitas mempengaruhi tingkat pengungkapan laporan keuangan perusahaan manufaktur. Penelitian Shanghvi dan Desai (1971) dalam Subiyantoro (1996) juga menunjukkan bahwa rentabilitas ekonomi dan profit margin yang tinggi akan mendorong para manajer untuk memberikan informasi yang terperinci, sebab mereka ingin meyakinkan investor terhadap profitabilitas perusahaan dan mendorong kompensasi terhadap manajemen. Dalam penelitiannya, Subiyantoro (1996) juga mengutarakan bahwa manajemen cenderung untuk mengungkap informasi secara terperinci ketika perusahaan mengalami tingkat perubahan laba tinggi. Tetapi, jika perusahaan mengalami tingkat perubahan laba yang rendah, manajemen cenderung untuk menyembunyikan alasan penurunan dengan mengungkap lebih sedikit informasi.
Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan hipotesa sebagai berikut :
H4 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara laba terhadap pengungkapan laporan keuangan perusahaan.
demikian semoga bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pengaruh Laba dan Perubahan Laba terhadap Disclosure. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/10/berdasarkan-uraian-di-atas-dapat_19.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Jumat, 19 Oktober 2012

Belum ada komentar untuk "Pengaruh Laba dan Perubahan Laba terhadap Disclosure"

Posting Komentar