Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengaruh Shareholders’Equity terhadap Disclosure


Shareholders’Equity merupakan kepemilikan perusahaan oleh masyarakat publik. Pengertian publik disini adalah pihak individu yang berada diluar lingkar manajemen dan tidak memiliki hubungan istimewa dengannya. Sementara itu perusahaan perseroan (PT) yang memiliki saham tidak dikategorikan publik. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan pemilik PT tersebut adalah pihak yang memiliki hubungan istimewa. Skala dari variabel ini adalah prosentase saham yang dimiliki oleh publik.
Penelitian Ainun dan Fuad (2000) mengemukakan bahwa adanya perbedaan dalam proporsi saham yang dimiliki oleh investor luar dapat mempengaruhi kelengkapan pengungkapan oleh perusahaan. Hal ini karena semakin banyak pihak yang membutuhkan informasi tentang perusahaan, semakin banyak pula detail-detail yang dituntut untuk dibuka dan dengan demikian pengungkapan perusahaan semakin luas. Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan hipotesa sebagai berikut :
H6 : Terdapat pengaruh yang signifikan antara shareholders’equity terhadap pengungkapan laporan keuangan perusahaan
Demikian dan semoga bermanfaat..
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Pengaruh Shareholders’Equity terhadap Disclosure. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/10/pengaruh-shareholdersequity-terhadap.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Jumat, 19 Oktober 2012

Belum ada komentar untuk "Pengaruh Shareholders’Equity terhadap Disclosure"

Posting Komentar