Kumpulan referensi ilmu akuntansi

Pengertian Dividen

Adalah bagian laba yang dibayarkan kepada pemegang saham/pemilik (distribusi income kepada pemilik)
Jenis dividen
4 Dividen kas
4 Dividen saham (stock dividend)
4 Dividen aktiva (property dividend)
4 Dividen likwidasi

Teori residu deviden menyatakan jika perusahaan tidak dapat memperoleh pengembalian dari investasi (return) yang melebihi biaya modal (cost of capital) maka laba dibagikan dengan membayar dividen kepada pemegang saham.
Teori tersebut menjelaskan bahwa deviden dibayarkan oleh perusahaan merupakan sisa setelah dilakukan pembayaran atas kesempatan peluang investasi yang dilaksanakan.

Pendapat ini dikemukakan oleh Modigliani dan Miller. Modigliani dan Miller (MM) memberikan argumentasi bahwa pembagian laba dalam bentuk dividen tidak relevan. MM menyatakan, dividend payout ratio (DPR) hanya merupakan bagian kecil dari keputusan pendanaan perusahaan. DPR tidak mempengaruhi kekayaan pemegang saham. MM berargumentasi bahwa nilai perusahaan ditentukan tersendiri oleh kemampuan aktiva perusahaan untuk menghasilkan laba atau kebijakan investasi. Jadi dalam rangka membagi laba perusahaan menjadi dividen dan laba yang ditahan tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Dalam hal ini MM berasumsi bahwa adanya pasar modal sempurna di mana tidak ada biaya transaksi, biaya emisi saham (floatation cost) dan tidak ada pajak.

Demikian Pengertian Dividen semoga dapat bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dividen dengan judul Pengertian Dividen. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://referensiakuntansi.blogspot.com/2012/07/pengertian-dividen.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: dodi tris - Kamis, 12 Juli 2012

Belum ada komentar untuk "Pengertian Dividen"

Posting Komentar